BKAD Halut Dongkrak Perolehan Pajak Dengan Program Tax On Street

0
78
Kepala Bidang Pendapatan, Badan Keuangan dan Aset Daerah kabupaten Halmahera Utara, Oscar Mene.

TOBELO, HR— Untuk mengenjot perolehan pajak daerah, beragam inovasi yang dilakukan Badan Keuangan dan Aset Daerah Halmahera Utara, untuk mendongkrak perolahan pajak di kabupaten Halmahera Utara.
Salah satu inovasi yang pernah dilakukan adalah program Tax Vaganza, dan sekarang ini diluncurkan program Tax On Street.
Bahkan mereka mengangkat takeline, pajak bukan beban tapi bhakti untuk pembangunan daerah.

Petugas melayani pembayaran pajak yang lokasinya di pasar Moderen Tobelo.

Kepala Bidang Pendapatan, Badan Keuangan dan Aset Daerah kabupaten Halmahera Utara, Oscar Mene mengatakan salah satu langkah yang dilakukan untuk mendongkrak perolehan pajak di daerah, lewat pendekatan jemput bola, atau melayani pembayaran pajak daerah,” ini program optimalisasi pajak, pembayaran langsung dilokasi,” jelas Kabid Pendapatan BKAD Halmahera Utara, Oscar Bento, di pasar Moderen, selasa (20/08/2019).
Menurutnya, melalui program ini memudahkan wajib pajak (WP) melunasi kewajibannya, di antaranya pajak restoran, pajak hiburan dan pajak reklame, ” biasanya satu wajib pajak harus antri di Bank berjam-jam untuk melunasi kewajibannya, namun dengan program ini pembayaran langsung dilokasi,” katanya.
Ia menambahkan jika tim dari bagian pendapatan turun ke lapangan menemui wajib pajak memakan waktu satu bulan, ” tapi progran ini, dalam satu hari, 46 wajib pajak melunasi kewajibanya sebanyak Rp 20 juta lebih, hari biasa hanya 5 hingga 10 wajib pajak yang datang melunasi kewajiban,” ungkapnya.
Karena itu, ia akan melakukan kegiatan serupa di sejumlah kecamatan yang ada di kabupaten Halmahera Utara secara mobile, ” untuk mengenjot pajak, kami harus jemput bola, bayangkan saja wajib pajak yang mau melunasi kewajibannya sebesar Rp 300 ribu, harus pergi ke Tobelo,” ujarnya.
Ia berharap kedepan program inovasi yang dilakukan ini, bisa mendongkrak pendapatan daerah dari sektor pajak,” intinya kami berupaya agar mengali potensi-potensi pendapatan melalui sektor pajak,” pungkasnya.(man)

Tinggalkan Balasan