Warga Lingkar Tambang Kembali Demo PT. BPN

0
36
Warga lingkar tambang kembali menggelar aksi unjuk rasa di PT. Bhakti Persada Nusantara (BPN) Site Sepo, Sabtu (28/9/2019)

WEDA,HR—Akibat PT. Bhakti Persada Nusantara (BPN) Site Sepo tidak merealisasikan tuntutan warga terkait harga lahan dan tanaman yang belum dibayar pihak perusahan, warga lingkar tambang kembali menggelar aksi unjuk rasa, Sabtu (28/9/2019).

Dalam aksi itu, massa sempat memaksa masuk ke dalam area site PT.BPN, akan tetapi dihalangi aparat keamanan dan sempat saling dorong antara massa dan pihak keamanan.

Aksi saling dorong itu tidak berlangsung lama, setelah perusahan melakukan negosiasi dengan massa melalui pihak keamanan. Hasilnya, perusahan baru akan membayar fee desa kepada masyarakat lingkar tambang pada Senin (30/9) hari ini.

Koordinator Lapangan, Malik Mahmud mengatakan sudah berulang kali warga lingkar tambang menuntut hak, namun berulang kali mareka dibohongi perusahan.

“Sudah berulang kami gelar aksi. Tapi tetap saja BPN abaikan kewajiban mereka untuk bayar lahan milik masyarakat lingkar tambang,”ungkap Malik Mahmud dalam orasinya.

Ia mengaku, sejumlah hak warga lingkar tambang yang belum diselesaikan perusahan diantaranya, perusahan harus membayar kaplengan warga yang sudah digusur, serta tanaman yang belum terbayarkan dan menyediakan sarana transportasi untuk anak yang pergi sekolah yang berada dilingkar tambang untuk antar jemput.

“Pembayaran ini harus sesuai kesepakatan yang dibuat pada aksi sebelumnya oleh meneger site BPN Iskandar Moctar,”kata Korlap.

Dia menambahkan, berdasarkan surat pernyataan dari projeck meneger PT.BPN site sepo pada 14 Agustus lalu, perusahan akan mendatangkan direktur utama tapi kenyataannya tidak ada.(rid)

 

Tinggalkan Balasan