Aktivitas Penyaluran BBM, Diduga Cemarkan Air Laut Pantai Wari

0
22
Aktivitas Penyaluran BBM, Diduga Cemarkan Air Laut Pantai Wari

TOBELO, HR—Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Utara menyampaikan surat himbauan kepada Camat Tobelo terkait dengan adanya indikasi dugaan pencemaran air laut akibat aktivitas penyaluran BBM di tepi pantai desa Wari kecamatan Tobelo.
Dalam surat yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Halmahera Utara, Samud Taha mejelaskan tim Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Halmahera Utara pada tanggal 10 Oktober 2019 telah melakukan verifikasi lapangan terhadap pelaku usaha kegiatan penyaluran BBM dari mobil tangki ke kapal/perahu di Desa Wari yang berada di wilayah Tobelo, ”  tim telah melakuakan monitoring dan verifikasi  kemudian ditemukan fakta-fakta adanya aktifitas penyaluran BBM dari mobil tanki BBM ke kapal/perahu melalui selang,” jelasnya.
Menurutnya, kegiatan penyaluran BBM telah beroperasi 3 tahun dan dilaksanakan 4 kali/bulan, atau sesuai kebutuhan permintaan, ” tim menemukan adanya Indikasi dugaan pencemaran air laut akibat aktivitas penyaluran BBM.” Ungkapnya
Selain itu, Lokasi kegiatan penyaluran BBM tersebut tidak layak dan menyebabkan keresahan masyarakat karena dekat dengan daerah pemukiman, “kegiatan penyaluran BBM tersebut belum memiliki izin dan tidak berkoordinasi dengan instansi terkait.” Tandasnya.
Sementara itu, Camat Tobelo, Aswin Lahiaro mengatakan akan menindaklanjuti hasil verifikasi lapangan yang ditemukan oleh Dinas Lingkungan Hidup kabupaten Halmahera Utara, ” kami akan memanggil Kades Wari dan ketua BPD untuk menyampaikan hasil verifikasi lapangan dari Dinas Lingkungan Hidup,” kata Camat Tobelo Aswin Lahiaro. Selasa (29/10/2019).
Menurut camat, sesuai dengan hasil verifikasi adanya indikasi dugaan pencemaran air laut akibat aktivitas penyaluran BBM dan adanya keresahan dari masyarakat maka pihaknya akan kordinasikan dengan instansi terkait untuk aktifitas penyaluran BBM, ” jadi nanti kita kordinasikan dengan instansi terkait lokasi penyaluran BBM yang layak,” tandasnya. (man)

Tinggalkan Balasan