Kami Melakukan Kesalahan, dan Kami Meminta Maaf

0
262

KAMI melakukan kesalahan secara gegabah terkait pemberitaan dengan judul berita “Catut Nama Panitia Masjid Al Bahrain, Oknum Ajudan Bupati Halsel ‘Rampok’ Tiga OPD”, pada tanggal 23 Agustus 2019.

Untuk keteledoran redaksi terkait judul dan pernyataan Bapak Nasir J. Koda, S.E, M.Si selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Halamhera Selatan dan Ketua Panitia Masjid Al Bahrain, yang ditulis dalam berita tidak sesuai dengan isi rekaman wawancara kami meminta maaf terutama kepada Kadis DPM-PTSP Halsel Bapak Nasir J. Koda, S.E, M.Si dan para ajudan Bupati Halsel yang paling dirugikan terkait pemberitaan tersebut. Dalam isi rekaman wawancara wartawan halmaheraraya.com tidak menyebutkan oknum ajudan bupati, tapi hanya menyebutkan oknum.

Sekali lagi, kami meminta maaf kepada semua pihak yang merasa dirugikan, juga kepada para pembaca sekalian. Mekanisme internal sedang dilakukan untuk memperbaiki dan menindaklanjuti kesalahan fatal ini.

Pedoman :

Peraturan Dewan Pers nomor 1/Peraturan-DP/III/2012 tentang Pedoman Pemberitaan Media Siber sebenarnya telah memberikan dasar mengenai ralat berita.

Butir ke-4 pedoman tersebut menyatakan:

Ralat, koreksi dan atau hak jawab wajib ditautkan pada berita yang diralat, dikoreksi atau yang diberi hak jawab.

Di setiap berita ralat, koreksi, dan hak jawab wajib dicantumkan waktu pemuatan ralat, koreksi, dan atau hak jawab tersebut.

Tinggalkan Balasan