Soal Penolakan Rekom, DPP Akan Panggil Ketua PAN Halsel

0
351
Tim Pilkada DPP PAN Viva Yoga Mauladi

JAKARTA,HR-—–Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN) akan memanggil Ketua DPD PAN Halsel Nahrawi Rabul bersama pengurusnya menolak rekomendasi yang diberikan DPP PAN kepada Usman Sidik sebagai Calon Bupati Halsel.

“Kami pastikan ketua dan pengurus DPD PAN Halsel akan dipanggil, terkait penolakan rekomendasi yang diberikan kepada Usman Sidik sebagai Calon Bupati Halsel,”kata Tim Pilkada DPP PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Rabu (9/10/2019).

Menurutnya, penolakan yang dilakukan ketua dan pengurus PAN Halsel tidak mendasar. Sebab kata dia, terkait rekomendasi bukan ranah DPD, dan rekomendasi yang dikeluarkan oleh DPP sudah melalui mekanisme partai.

Dia menegaskan, rekomendasi yang dikeluarkan DPP PAN kepada Usman Sidik sebagai calon Bupati Halsel asli ditandatangani oleh dirinya berserta Yandri Susanto sebagai Tim Pilkada DPP PAN.

“Tidak ada rekomendasi di atas rekomendasi, intinya rekom DPP PAN kepada Bapak Usman Sidik asli dan sah, karena yang wajib mengeluarkan rekomendasi adalah DPP, dan DPD wajib mengikuti,”tegasnya.

Sebelumnya, DPD Halsel melalui ketuanya Nahrawi Rabul, melakukan penolakan terhadap rekomendasi yang diberikan kepada Cabud Usman Sidik, yang di keluarkan oleh DPP tertanggal 4 oktober 2019.

Nahrawi mengatakan, pihaknya tidak akan menindak lanjuti surat tugas yang dikeluarkan oleh DPP PAN terhadap calon Bupati Halsel Usman Sidik, karena pihaknya secara resmi, bersama pengurusnya menolak.

Ia menjelaskan, penolakan ini dinilai oleh DPD cacat inkonstusional karena ada beberapa poin persyaratan tidak dijadikan rujukan oleh DPP. salah satunya peraturan partai nomor 3 tahun 2015.

“Kalau keputusan, minimal ketua DPD diundang untuk menyampaikan kondisi daerah dan sebagainya, ini kan tidak maka kami menolak rekomemdasi itu,”ujarnya.

Ia menambahkan, bahkan sampai hari ini belum ada pemberitahuan resmi dari DPP ke DPD terkait surat tugas tersebut, sehingga masih menjadi polemik. (echa)

Tinggalkan Balasan