Bawaslu Malut Jalin Kerjasama dengan Tiga Lembaga

0
7

TERNATE,HR—-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku Utara (Malut), kembali menjalin kerjasama dengan lembaga stakeholder di Malut dalam rangka peningkatan pengawasan partisipatif.

Setelah sebelumnya dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malut, KIPP Malut dan Kwartir Pramuka, terbaru jalinan kerjasama dilakukan dengan Jaringan Demokrasi Indonesia (JADI) Provinsi Malut, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Malut serta LSM Sabua Rakyat.

Penandatanganan nota kerjasama itu sendiri dilakukan di ruang rapat Kantor Bawaslu Provinsi Malut, yang dilakukan oleh Ketua Bawaslu Malut, Muksin Amrin SH MH, bersama Presidium JADI Malut Syahrani Somadayo, Direktur Sabua Rakyat, Halik Djokrora serta perwakilan KNPI Malut, Muhlas Djafar, dalam Forum Kerjasama Pengawasan Partisipatif Demi Pemilu Demokratis, Selasa (22/10/2019).

Dalam kesempatan itu, Ketua Bawaslu Provinsi Malut Muksin Amrin SH MH mengatakan, selain dalam bentuk kerjasama pengawasan partisipatif, akan dikembangkan pula kerjasama di bidang kajian dan riset dalam rangka evaluasi pengawasan penyelenggaraan pemilihan baik Pemilu maupun Pilkada.

“Bawaslu ingin membuka diri untuk dievaluasi. Ini adalah bentuk keterbukaan dengan meminta pihak luar melakukan evaluasi atas kinerja Bawaslu,” kata Muksin.

Dirinya berharap, kerjasama ini dapat menghasilkan sesuatu yang disumbangkan untuk kepetingan penyelenggara maupun pihak lainnya terkait pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu.

“Hasil riset dan kajian tentunya memuat rumusan masukan atau rekomendasi yang akan menjadi pertimbangan Bawaslu dalam pelaksanaan tugas-tugas ke depan. Mulai dari internal Bawaslu, pengawasan, tahapan dan lainnya serta isu-isu strategis lainnya,” pintanya.(red)

Tinggalkan Balasan