Sebelum Berangkat ke Tanah Suci, JCH Asal Tidore Kepulauan Meninggal di Makassar

0
75
Salah satu Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kota Tidore Kepulauan atas nama Suhaima meninggal dunia di Rumah Sakit Wahidin Makassar, Kamis (11/7/2019).

Satu JCH Tidore Kepulauan Meninggal
TERNATE,HR—-Salah satu Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara atas nama Suhaima meninggal dunia di Rumah Sakit Wahidin Makassar, Kamis (11/7/2019).

Kasi Info Haji Kemenag Provinsi Malut, Tamhid Abubakar menjelaskan kronologis penyakit almarhumah Suhaima CJH asal Tikep, setelah dilakukan pemeriksaan tahap tiga oleh tim kesehatan embarkasi Makassar, sekitar pukul 22.00 WITA, alamrhumah dinyatakan harus dirujuk, karena diduga ada penyakit gagal ginjal dan kemungkinan dilakukan cuci darah, karena almarhumah mengeluh sedikit sesak napas.

“Malam itu langsung dirujuk ke RS Wahidin untuk dilakukan pemeriksaan laboratorium lengkap dan pemeriksaan fisik lainnya. Saat itu kondisi CJH agak sesak nafas bila jalan sedikit jauh dan baring,” jelasnya melalui rilis.

Selain itu, katanya dari hasil pemeriksaan kesehatan haji di Malut sudah didiagnosa sebagai gagal ginjal tahap awal yang masih memungkinkan diberangkatkan. Dengan riwayat penyakitnya selama di Malut adalah hipertensi (darah tinggi) dan DM (sakit gula) yang tidak terkontrol.

“Tadi pagi diperiksa oleh dokter ahli penyakit dalam, karena kondisi almarhumah mengeluh sesak napas yang agak berat, dan dicurigai adanya komplikasi ke jantung. Kemudian di konsultasikan ke ahli jantung, dan ahli ginjal hopertensi, dinyatakan ada kelainan jantung kemungkinan akibat komplikasi dari penyakitnya, dan dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk diagnosis pastinya. Dan sekitar pukul 11.00 -12.00 WITA, almarhumah mengalami nyeri dada hebat dan sesak napas, dan langsung diberikan tindakan medis dan resusitasi jantung paru,” bebernya.

Meski begitu, pasien tidak sadarkan diri. Dan akhirnya pada pukul sekitar jam 13.40 WITA, almarhumah dinyatakan meninggal di ruang UGD RSWS Makassar dengan penyebab kematian gagal jantung, gagal paru, gagal ginjal.

Tahmid menambahkan jenazah almarhum Suhaima rencana akan dibawa pulang ke Ternate besok.(nty)

Tinggalkan Balasan